jk.jpgjk.jpgMinggu, 27 Jan 2008,

indopos
JAKARTA – Ketua Umum DPP Partai Golkar Jusuf Kalla terpilih menjadi presiden Centrist Democrat International (CDI) se-Asia-Pasifik. CDI adalah organisasi partai-partai politik berhaluan moderat. Seluruh anggota CDI adalah partai pemerintah (ruling party).

Kalla terpilih secara aklamasi dalam pertemuan kedua CDI Asia Pasifik di Hotel Four Seasons, Jakarta, kemarin (26/1). Kalla yang menggantikan posisi Jose de Venecia dari Filipina akan menjabat selama setahun, hingga pertemuan ketiga CDI di Kamboja Januari 2009.

“CDI bertugas mempromosikan kemerdekaan dan kemajuan negara yang lebih moderat sehingga bisa mencapai demokrasi yang stabil,” papar Kalla. Untuk mencapai tujuan itu, CDI akan mendorong kerja sama partai-partai pemerintah di kawasan Asia-Pasifik. Karena anggotanya partai-partai yang berkuasa di negara masing-masing, kebijakan CDI akan mudah diimplementasikan menjadi kebijakan negara.

Sebagai salah satu negara demokrasi terbesar, tambah Kalla, Indonesia harus bisa menjadi contoh dalam menciptakan stabilitas dan membangun demokrasi. “Kalau Asia-Pasifik bersatu, kondisinya stabil, Indonesia akan merasakan manfaat dalam bidang ekonomi dan pembangunan manusia,” tuturnya.

Ke-18 pimpinan partai politik yang hadir dalam pertemuan kemarin menandatangani Deklarasi Jakarta. Deklarasi yang berisi 17 poin itu, antara lain, berisi janji untuk menjaga stabilitas, bersatu dalam kemajemukan, kuat dalam pemerintahan, mendukung dialog antaragama, menentang terorisme, dan mendukung investasi sumber daya manusia.

Prinsip lain adalah pendekatan kemanusiaan dalam setiap kebijakan pembangunan, stabilitas yang mendasarkan pada kebebasan dan tanggung jawab, upaya untuk menjembatani kesenjangan antara kelompok kaya dan miskin di kelas menengah rakyat Asia, kesatuan dalam setiap perbedaan, kewenangan yang lebih bagi otonomi daerah, dan perlindungan keluarga bagi nilai keluarga dan kebersamaan kehidupan yang religius. (noe/oni)