Bireuen | Harian Aceh
Tim Polres Bireuen menemukan lima hektare ganja siap penen di Dusun Asan Kumbang, Desa Darussalam Peusangan Selatan, Kabupaten Bireuen, Kamis (8/5) siang. Dalam penyisiran yang melibatkan 100 personil aparat juga menyita 20 ribu batang ganja berukuran 1 hingga dua meter. Pohon ganja ini sebagai barang bukti, sisanya dimusnahkah di lokasi penemuan.
Penemuan lokasi penanaman ganja di desa tersebut atas informasi masyarakat setempat setelah sebelumnya warga desa Darussalam menangkap tersangka, M.Azhari bin M.Amin (44), buruh tani yang menggarap lahan perangkat desa Darussalam.
Setelah mendapat informasi tersebut, Selasa (7/5) pukul 20.00 WIB, personil Polres Bireuen langsung menangkap tersangka bersama barang bukti berupa beberapa tanaman ganja yang sempat disita oleh masyarakat di sana.
Setelah penangkapan, pihak personil Polres Bireuen, dipimpin langsung oleh Wakapolres Bireuen, Kompol Danu Kusworo menyisir ke lokasi penanaman ganja Rabu (8/5) sekira pukul 8.30 WIB. Lokasi penanaman ganja itu berjarak satu km lebih dari rumah kediaman tersangka M.Zahri bin Amin.
Di lokasi tersebut pihak personil Polres Bireuen menemukan 5 hektar ganja siap panen dengan empat titik penanaman yang tidak jauh dari lokasi pertama.
Selain menyita 20 ribu batang ganja sebagai barang bukti, pihak Polres Bireuen juga langsung menusnahkan ganja tersebut di lokasi penanaman di dusun Asan Kumbang Peusangan Selatan.
Kapolres Bireuen melalui Kasat Reskrim, AKP. Trisana Safari, kepada Harian Aceh Kamis (8/5) mengaku, penemuan ladang ganja tersebut atas informasi masyarakat desa Darussalam kerena sebelumnya, warga di sana telah menangkap tersangka pemilik serta penanamanya.
“Mewakili Polres Bireuen, T.Saladin mengucapkan ribuan terima kasih kepada masyarakat desa Darussalam yang telah memberikan informasi serta membantu Polres dalam memberantasan ganja serta narkoba lainnya di wilayah hukum Bireuen,” ujar Trisna.
Selain menyita 20 ribu batang ganja sebagai barang bukti, dalam penyisiran ke ladang ganja milik M. Zahri tersebut, aparat Polres Bireuen juga menyita alat penyemprot, sejumlah kertas polibet untuk penyemaian serta satu unit mobil picup Chevrolet luv BK. 8371 PA dari tangan tersangka M.Zahri Bin M.Amin untuk pengusutan lebih lanjut.job