*Dokumen Rahasia tentang Al Qaeda dan Irak Tertinggal di KA

Para pejabat Inggris mengungkapkan kecemasan Rabu atas pelanggaran keamanan serius setelah dokumen-dokumen intelijen sangat rahasia mengenai jaringan teror Al-Qaeda dan penilaian terakhir situasi keamanan di Irak tertinggal di sebuah kereta-api.
Dokumen-dokumen itu milik seorang “pejabat intelijen sangat senior yang bekerja di Kantor Kabinet”, kata BBC. Dokumen itu ditemukan di dalam amplop berwarna oranye di sebuah kereta-api pengangkut pekerja yang meninggalkan Stasiun Waterloo London pada Selasa dan diserahkan kepada BBC oleh seorang penumpang.
Scotland Yard telah memulai penyelidikan atas apa yang disebut-sebut sebagai pelanggaran keamanan serius itu. Dokumen-dokumen tersebut, yang semuanya memiliki kode keamanan, tidak seharusnya dibawa keluar dari kantor pemerintah.
Paket dokumen itu, yang meski hanya tujuh halaman namun diklasifikasi sebagai “UK Top Secret”, berisikan penilaian terakhir intelijen pemerintah mengenai Al-Qaeda dan sebuah laporan topik tentang situasi militer di Irak.
Dokumen-dokumen itu sangat sensitif sehingga masing-masing diberi nomer dan ditandai “untuk dilihat Inggris/AS/Kanada dan Australia saja”, kata koresponden bidang keamanan BBC Frank Gardner. “Laporan mengenai Irak mencakup bagian-bagian yang memberi penilaian memberatkan terhadap pasukan keamanan Irak,” kata BBC.
Kedua laporan itu merupakan penilaian-penilaian yang dibuat oleh Komite Intelijen Gabungan pemerintah. “Ada ungkapan ketakutan di sejumlah jajaran departemen pemerintah bahwa dokumen-dokumen sangat rahasia bisa tertinggal begitu saja,” kata Gardner.
Dua dokumen yang bertanda rahasia tertinggal di sebuah kereta-api dan kemudian diserahkan kepada BBC. Terjadi pelanggaran keamanan, Polisi Metropolitan sedang melakukan penyelidikan,” kata seorang jurubicara Kantor Kabinet.ant/mhy