TATKALA disebut nama Bunaken, maka akan terlintas di benak setiap orang keindahan bawah laut sebuah pulau di Teluk Manado itu. Namun ketika disebut Pulau Lembeh, tidak banyak orang yang mengetahui ada apa di pulau itu?

Pulau Lembeh adalah sebuah pulau yang secara administratif berada dalam wilayah otonom kota Bitung. Pulau ini merupakan pulau yang menyimpan sejarah saat pembebasan Irian Barat dari Belanda yang terkenal dengan sebutan TRIKORA (Tri Komando Rakyat) di bawah pimpinan Jenderal Soeharto. Di tempat inilah para pejuang kita singgah sebelum melanjutkan perjalanan ke Papua. Untuk memperingati peristiwa pembebasan Irian Barat dari Belanda, maka di Kecamaatan Lembeh Selatan Kota Bitung, Sulawesi Utara dibangun sebuah tugu yang lebih dikenal dengan sebutan tugu TRIKORA.

Di perairan Selat Lembeh terdapat pulau-pulau kecil tak berpenghuni dengan sruktur batuan kapur yang rapuh dan terangkat ke atas permukaan. Keseluruhan bentuk morfologi daratan yang membentang di sepanjang kedua sisi Selat Lembeh ini membentuk panorama alam yang berkesan dramatis dan menjadi daya tarik wisata bahari yaitu diving yang menawarkan keanekaragaman biota laut.

Saat ini, pesona bawah laut selat Lembeh ini banyak diminati oleh para wisatawan mancanegara. Medan daratan pantai yang sempit yang tersebar di antara celah-celah perbukitan pulau telah menarik investor asing mendirikan resort-resort yang menawarkan wisata diving.

Kungkungan_Resort

Lembeh_Resort_2

Nyeberang_Selat_Lembeh

Lembeh_Resort_1